Kualifikasi

  • Gelar Sarjana di bidang Ekonomi atau Akuntansi.
  • Memiliki pengalaman minimal 5 tahun dalam peran serupa sebagai Accounting Officer
  • Mahir dalam Microsoft Office, memiliki pengetahuan tentang sistem ERP (Pemahaman di SAP akan menjadi poin plus), serta memiliki sertifikasi Brevet A & B.
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik.
  • Mampu bekerja secara mandiri dan berorientasi pada target.
  • Memiliki pengalaman di industri minyak dan gas.
  • Diutamakan berdomisili di Palembang.

Tanggung Jawab 

  • Mengelola aktivitas akuntansi harian untuk meninjau dan memverifikasi keakuratan faktur yang masuk, memastikan otorisasi yang tepat, serta kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan.
  • Memastikan faktur dicatat dengan benar menggunakan nomor akun buku besar yang sesuai.
  • Bertanggung jawab atas pengelolaan semua faktur jasa (Impor dan Domestik) hingga pembayaran, termasuk faktur tenaga kerja dan kontraktor.
  • Memastikan kepatuhan terhadap Delegation of Authority (DOA), Standard Operating Procedures (SOP), serta kebijakan dan pedoman perusahaan setiap saat.
  • Memastikan pembayaran faktur dilakukan tepat waktu untuk memanfaatkan diskon pembayaran awal dan menghindari denda keterlambatan.
  • Memproses pengeluaran karyawan dengan memastikan kepatuhan terhadap kebijakan perusahaan serta kelengkapan dokumentasi.
  • Melakukan rekonsiliasi batch pembayaran dengan laporan bank.
  • Membantu dalam proses penutupan akhir bulan dan akhir tahun dengan memastikan semua transaksi akun utang (AP) dicatat dengan akurat.
  • Melakukan rekonsiliasi buku pembantu akun utang dengan buku besar.
  • Menyiapkan laporan dan analisis untuk tinjauan manajemen, termasuk laporan umur utang dan kewajiban yang belum dibayarkan.
  • Menjaga dokumentasi dan jejak audit yang lengkap untuk semua transaksi akun utang.
  • Mendukung audit internal dan eksternal dengan menyediakan dokumentasi serta penjelasan yang diperlukan.
  • Bekerja sama dengan tim pajak, pengadaan, akuntansi gudang pabrik, serta staf internal lainnya, serta berkoordinasi dengan bank dan vendor untuk memastikan kelancaran tugas di bidang akuntansi.
  • Mematuhi semua peraturan terkait akuntansi, termasuk pemotongan pajak yang akurat.
  • Melakukan analisis secara berkala terhadap uang muka vendor dan kewajiban untuk memastikan tidak ada pencatatan yang tidak wajar dalam pembukuan.

Bagi kandidat yang tertarik dan memenuhi kualifikasi di atas dapat melamar melalui website kami www.essa.id atau mengirimkan email resume/CV anda ke recruitment.eii@essa.id paling lambat 2 minggu dari iklan ini. Hanya kandidat terpilih yang akan diberitahu untuk proses rekruitmen lebih lanjut.

Bergabunglah Bersama Kami

    (pdf maks 2MB)