Artikel Terkait

Mei 30, 2022

Rilis Kinerja ESSA Q1 2022

Mei 30, 2022

Rilis Kinerja ESSA Q1 2021

Oktober 19, 2020

Pengumuman RUPSLB

Juni 05, 2020

Ringkasan Risalah RUPST Dan RUPSLB

Mei 13, 2020

Pemanggilan RUPST & RUPLSB

Oktober 23, 2019

Ringkasan Risalah Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa

Berita Rilis ESSA RUPST 2022

ESSA Mengumumkan Dividen Pertamanya

 ESSA Terus Optimis Melihat Peluang Ke Depan

Jakarta, 7 Juni 2022 – PT Surya Esa Perkasa Tbk (“ESSA”), Perusahaan publik yang bergerak di bidang Energi dan Kimia melalui kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak, hari ini menyetujui pembagian dividen untuk pertama kalinya sejak Penawaran Umum Perdana (IPO) pada tahun 2012. ESSA akan membagikan dividen Rp5 per saham atau sebesar Rp78,3 miliar. Keputusan ini diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diselenggarakan pada hari ini.

Vinod Laroya selaku Presiden Direktur ESSA mengatakan, “Kami bersyukur pada tahun 2022 untuk pertama kalinya kami dapat membagikan dividen kepada pemegang saham ESSA. Harga komoditas yang kuat mendukung perolehan kas yang solid dan meningkatkan return kepada pemegang saham. Rekam jejak operasional kami luar biasa dan kami terus meningkatkan efisiensi. Kami terus mengevaluasi peluang pertumbuhan baru dan optimis terkait masa depan ESSA sebagai perusahaan energi bersih dengan pengembangan teknologi CCUS (Carbon Capture, Utilization & Storage) untuk menghasilkan Blue Ammonia.”

Sebagai informasi pada RUPST tahun ini, selain pembagian dividen, ESSA juga telah menyetujui perubahan struktur kepengurusan, yaitu pengunduran diri salah satu Direksi ESSA, Ida Bagus Made (IBM) Putra Jandhana. ESSA berharap dapat melanjutkan kinerjanya yang kuat bersama dengan susunan direktur lainnya.

 ***

Sekilas Tentang ESSA

PT Surya Esa Perkasa Tbk (“ESSA”) adalah Perusahaan public yang bergerak di bidang Energi dan Kimia dengan portofolio bisnis di kilang LPG (Liquefied Petroleum Gas) dan pabrik Amoniak. Didirikan pada tahun 2006, ESSA telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 2012. Melalui anak perusahaannya, PT Panca Amara Utama (“PAU”), ESSA menjadi salah satu produsen Amoniak terbesar di Indonesia dan Perusahaan pertama di dunia yang memanfaatkan teknologi terbaru KBR Reforming Exchanger System dan Purifier Technology.

Sejalan dengan meningkatnya kepedulian terhadap keberlanjutan global, Blue Ammonia telah muncul sebagai alternatif bahan bakar rendah karbon. Pada Maret 2021, ESSA (melalui PAU) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS) untuk produksi Blue Ammonia di Indonesia bekerja sama dengan Japan Oil, Gas and Metals National Corporation (“JOGMEC”), Mitsubishi Corporation (“MC”), dan Institut Teknologi Bandung (“ITB”). Melalui komitmen Blue Ammonia, ESSA membuka jalan bagi Indonesia untuk menjadi yang terdepan dalam menyediakan bahan bakar masa depan.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi:

Shinta Dumasari Utami Siringoringo

Sekretaris Perusahaan

Telepon: +62 21 2988 5600

Email    : shinta.dumasari@essa.id

M. Aditya

Media Relations Team

Ponsel: +62 812-9548-6465

Email  : investor.relations@essa.id